Kamis, 09 Juli 2015

10 Tips Untuk Mendapatkan Foto Yang Baik Dengan Menggunakan Smartphone

Membuat foto saat ini sudah tidaklah sesulit saat zaman dulu dimana kita harus menggunakan film dan mencucinya. Pembuatan foto bisa dilakukan hampir setiap orang dimanapun, kapanpun dan menggunakan kamera apapun termasuk kamera handphone. Kamera handphone saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur sehingga kemampuannya dapat menyerupai kamera professional seperti kamera pada smartphone. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk menghasilkan karya foto yang baik:

  1. Memotret Dekat Dengan Subjek
Memotret dengan jarak yang tidak begitu jauh antara kamera dan subjek merupakan salah satu cara untuk menghasilkan gambar yang baik. Sensor kecil yang terdapat di dalam kamera smartphone memberikan efek Depth of Field (ruang tajam) yang luas sehingga objek terlihat lebih fokus di seluruh bagiannya. Ketika dekat dengan subjek, kita juga biasanya dapat mengontrol pencahayaan pada subjek tersebut. Selain dapat menghasilkan foto yang baik, kita juga dapat melihat detil gambar yang kecil jika dilakukan dengan benar.
1. get_close
             2.  Hindari Menggunakan Zoom
Banyak kamera smartphone menawarkan fungsi digital zoom, namun akan lebih baik jika kita tidak menggunakannya. Saat kita menggunakan digital zoom untuk mendapatkan gambar dari suatu objek yang jauh, maka akan terjadi penurunan kualitas dari gambar tersebut. Penurunan kualitas gambar ini dapat dilihat langsung pada preview smartphone kita. Pada dasarnya, digital zoom pada kamera ini hanya mengekstrapolasi apa yang sudah ada dan menebak seperti apa gambar tersebut.
Saat ini banyak smartphone yang memiliki kamera dengan resolusi sensor sebesar 8 megapixel atau lebih. Jika kita memiliki kamera tersebut, lebih baik kita melakukan cropping karena foto yang dihasilkan relatif lebih baik dibandingkan zooming.
3.  Cobalah Mengedit Foto
Untuk mendapatkan hasil karya yang baik, tidak ada salahnya jika kita mengedit foto yang sudah didapatkan. Ibarat seorang wanita yang cantik, akan lebih cantik jika diberikan sentuhan make up yang pas. Dalam mengedit foto, usahakan melakukannya dengan aplikasi yang memiliki fitur pengaturan manual. Hindari mengedit foto hanya dengan memasukan filter tone yang sudah ada. Ada beberapa aplikasi editing foto yang baik seperti Snapseed, Photoshop Express, iPhoto, dll. Aplikasi tersebut memiliki kemapuan pengaturan manual seperti pengaturan kontras, ketajaman, suhu warna, dll. Saat mengedit secara manual, kita dapat menentukan gaya kita sendiri dalam menghasilkan karya foto dan ini tidak kita temukan pada saat mengedit hanya dengan menggunakan filter warna yang sudah ada.
2. edit_mushrooms
4.  Jangan Menambah Efek Blur
Ruang tajam atau depth of field merupakan salah satu tantangan terbesar bagi kamera smartphone. Lensa wide angle dan sensor yang kecil membuat efek bokeh atau latar belakang blur sangat sulit dicapai. Bagi sebagian orang, untuk mendapatkan efek bokeh, terkadang mereka memaksakan dengan menggunakan aplikasi yang dapat memberikan efek tersebut pada foto mereka.
Untuk menghasilkan foto yang baik, sebaiknya kita menghindari penggunaan aplikasi tersebut karena efek blur yang ditambahkan biasanya diterapkan secara seragam di sebagian besar frame. Ini bukanlah cara lensa bekerja sehingga foto dengan latar belakang blur tersebut terlihat tidak alami. Selain itu, penggunaan aplikasi blur effect juga perlu menyeleksi antara objek dan latar belakang sehingga akan terlihat sekali transisi yang tidak halus antara keduanya.
Jika kita ingin mendapatkan objek yang fokus, buatlah objek tersebut berada pada posisi tengah dalam frame. Selain itu kita juga bisa mencoba untuk menjaga latar belakang sesederhana mungkin. Hal ini bertujuan agar pandangan dari orang yang melihat foto kita bisa fokus pada objek foto kita dan bukan pada latar belakang yang ramai. Jika kita ingin tetap menghasilkan efek bokeh, kita bisa mengatur jarak antara kamera dan objek untuk lebih dekat lagi.
3. dont_add_blur
5.   Gunakan Aplikasi Kamera
Ada beberapa aplikasi kamera yang bagus untuk mengambil foto dibandingkan kamera bawaan smartphone itu sendiri. Biasanya kondisi ini lebih kepada pengguna iPhone dibandingkan pengguna Android. Penggunaan aplikasi kamera bertujuan untuk mengontrol pencahayaan. Salah satu contoh aplikasi kamera adalah Camera Awesome yang dibuat oleh SmugMug. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mengambil foto secara terus-menerus (brust) dan memisahkan kunci autofocus dari kunci eksposur. Selain aplikasi Camera Awesome ada juga aplikasi lain seperti Camera + yang memiliki pilihan yang sama untuk mengambil gambar secara terkontrol.
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, menghasilkan foto yang baik dari kamera smartphone bukanlah hal yang tidak mungkin. Ada beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk mendapatkan hasil foto yang baik. Berikut adalah tips-tips lainnya yang bisa kita lakukan;
6.  Hindari Penggunaan Flash
Flash yang ada di smartphone pada dasarnya bukanlah flash sesungguhnya yang berkaitan dengan fotografi. Flash ini didukung dengan senter LED dimana fungsinya tidak sepenuhnya sesuai. Flash pada smartphone memang memberikan efek terang namun suhu warna dari cahaya yang dihasilkan tersebut kotor dan kehilangan salah satu fungsi utama dari strobe yaitu membekukan aksi dalam frame.
Namun bagaimana jika kita ingin memotret dalam kondisi gelap? Mencari sumber cahaya lain adalah adalah salah satu cara yang terbaik. Ini mungkin tidak akan sempurna, namun dengan cara ini bisa saja menghasilkan foto yang menarik. Beberapa kondisi seperti di sebuah bar yang gelap kita bisa mencari kotak neon yang cerah. Selain itu di konser yang gelap kita bisa mengakalinya dengan bantuan lighting panggung yang bergerak. Ada berbagai cara untuk mendapatkan foto dalam keadaan gelap karena fotografi adalah tentang kreativitas.
Namun penggunaan flash bisa dilakukan jika kita hanya ingin mendapatkan gambar untuk diingat sejenak daripada tidak mendapatkan gambar sama sekali.
         7.   Jaga Lensa Tetap Bersih
Penyimpanan smartphone tidaklah jauh dari dalam saku baju atau celana. Namun saku kita bukanlah tempat yang bersih. Terdapat banyak kotoran yang bisa menempel pada lensa kamera smartphone kita. Dampak dari kotoran yang menempel antara lain menghasilkan gambar yang kabur atau tidak jelas dan bisa saja gambar menjadi gelap.
Untuk menjaga lensa tetap bersih kita bisa menggunakan kain yang lembut untuk membersihkannya. Jika dalam keadaan darurat seperti tidak sedang memegang kain lembut, t-shirt yang kita pakai bisa kita dijadikan alternatif untuk membersihkan lensa, namun hal ini janganlah dijadikan kebiasaan. Sesekali, kita bisa menggunakan larutan pembersih lensa agar kotoran dan debu-debu tipis yang menempel pada lensa bisa benar-benar hilang.
8.  Perhatikan Flare Pada Lensa (Lens Flare)
Tren saat ini dalam dunia fotografi mobile adalah menambahkan efek lens flare. Pembuatan efek lens flare secara alami akan membuat foto kita bisa saja menjadi bagus. Kamera smartphone dengan lensa yang kecil lebih rentan terhadap efek flare ini. Kita dapat mengontrol flare dalam foto yang akan kita ambil dengan cara mengatur komposisi atau tata letak sumber cahaya terang yang menyebabkan flare tersebut di dalam frame.
Jika kita tidak menginginkan adanya flare ini, kita dapat menutup dengan menggunakan tangan kita di sekitar lensa sehingga menyerupai hood lensa pada kamera professional. Jumlah flare akan berkurang jika sumber cahaya tidak ada di dalam frame.
6. careful_with_lens_flare
       9.  Membuat Cetakan
Biasanya hasil foto dari era fotografi digital jarang dicetak jika tidak diinginkan. Kebanyakan orang saat ini menyimpan fotonya dalam harddisk ataupun media penyimpan lainnya seperti cloud, dropbox, dll. Selain itu, kebanyakan dari orang yang menggunakan kamera smartphone lebih suka memamerkan karya fotonya di media sosial seperti instagram, flickr atau media online lainnya. Namun tidak ada salahnya jika foto-foto yang kita ambil dengan menggunakan kamera smartphone tersebut kita cetak dan kita jadikan dalam sebuah album. Untuk tips yang ini memang agak berbeda dengan tips-tips lainnya. Namun jika kita mendengarkan ada orang yang melihat dan bertanya “Kamu mengambil ini dengan kamera teleponmu?, Bagus sekali” Ya, ada rasa bangga yang kita dapatkan jika karya foto kita diapresiasi meskipun dengan menggunakan kamera smartphone dan ini akan menjadikan motivasi bagi kita untuk menghasilkan foto yang lebih baik lagi.
      10.  Jangan Lupakan Aturan Fotografi
Hal ini merupakan tips yang paling penting dari semua tips yang ada. Gambar yang kita ambil dengan menggunakan kamera professional tidak akan berbeda aturan fotografinya dengan kita mengambil menggunakan kamera smartphone. Dalam menggunakan kamera smartphone kita tidak boleh mengabaikan segala sesuatu yang berkaitan dengan aturan fotografi seperti komposisi yang seimbang, pencahayaan yang baik, dll. Penerapan rules of third juga perlu diperhatikan pada saat mengambil gambar dengan menggunakan smartphone.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kita manfaatkan untuk menghasilkan foto yang baik. Tips-tips ini diberikan agar dapat membantu kita dalam memaksimalkan kekuatan dan meminimalkan kelemahan yang ada pada kamera smartphone kita. Selain tips-tips tersebut pada akhirnya keterampilan, pengetahuan, dan mata kita lah yang akan membuat foto itu layak diapresiasi.
- See more at: http://iphonesia.com/news/10-tips-untuk-mendapatkan-foto-yang-baik-dengan-menggunakan-smartphone/#sthash.8OsRgo85.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar